Hello Guest! Welcome to our Website.
Something you might want to know about us.
Don't be hesitated to contact us if you have something to say.

Kamis, 07 Oktober 2010

Pengembangan Sistem Informasi di Kehidupan sehari-hari

Disini saya ingin menjelaskan dahulu pengertian pada sistem, informasi, dan pengembangan informasi nya, lalu di tambah dengan contoh yang saya berikan di kehidupan sehari-hari.

Sistem merupakan kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan, sedangkan Informasi adalah data yang telah diproses menjadi bentuk yang berarti bagi penerima untuk dapat di implementasikan.

Jadi, Pengembangan Sistem Informasi itu menyusun suatu sistem yang baru untuk menggantikan sistem yang lama secara keseluruhan atau memperbaiki sistem yang telah ada untuk mendapatkan hasil sesuai tujuan dan dapat diimplementasikan ke lingkungan.

Mengapa sistem yang lama perlu diperbaiki?? Karena ada beberapa faktor, seperti:
• Adanya permasalahan-permasalahan yang timbul pada sistem yang lama, yang
berupa ketidakberesan pada sistem, pertumbuhan organisasi.
• Adanya sistem yang baru kita dapat mencapai tujuan dengan efisien, fleksibel, dan efektif.

Sekilas pengertian Sistem Informasi secara umum, sekarang saya ingin memberikan contoh untuk pengembangan sistem informasi di kehidupan sehari-hari. Untuk saya pribadi, saya belum pernah mengembangkan sistem informasi yang ada tetapi saya mengikuti perkembangan sistem informasi yang ada, seperti:

• Sistem layanan akademis, yang memungkinkan mahasiswa memperoleh data akademis dan mendaftar mata kuliah yang diambil pada tiap semester, yang disebut KRS (Kartu Rencana Study), tiap awal semester mahasiswa diwajibkan mengisi KRS di PSMA-online, yang bertujuan untuk mahasiswa yang mengisi KRS tersebut menandakan bahwa ia aktif pada semester tersebut. Teknis sistem ini, di dalam ruangan yang tersedia mahasiswa menginput data kemahasiswaannya pada layar monitor seperti NPM, dan Fakultas/Jurusan nya ini menandakan primary key data kita, setelah itu tampilan berubah menjadi data lengkap kita yang sudah ada pada sistem databasenya, lalu kita memilih sks di satu semester ini. Jika sudah selesai berarti kita sudah terdaftar sebagai mahasiswa aktif di semester yang bersangkutan.

• Sistem “Point Of Sale” yang diterapkan di pasar swalayan, sebelumnya untuk menginput barang kita masih menggunakan manual dengan mencata nama barangnya pada kertas. Hal ini, sangat tidak efektif, selain datanya mudah hilang, juga memakan waktu yang lama. Maka di buatlah sistem baru yaitu sistem point of sale ini, dengan dukungan barcode reader dapat mempercepat pemasukan data.

• Sistem “SMS Banking” yang diterapkan oleh Bank, untuk mempermudah melayani para nasabahnya. Sisten tersebut banyak sekali kegunaannya, seperti mentransfer uang hanya lewat sms ke nomor layanan bank tersebut dengan format misalakan nama, nomor rekening, biaya transfer, dll yang dibutuhkan untuk data transfer ke nasabah yang di tuju. Sebelum menikmati layanan ini, kita harus registrasi ke Bank tersebut atau bisa lewat ATM. Hal ini, sangat mempermudah sekali bagi para nasabahnya karena manfaatnya sangat terasa bagi nasabah yang sangat sibuk untuk bertransaksi tanpa harus bepergian ke Bank lagi.

• Sistem pembelian tiket transportasi secara online, transportasi disini seperti pesawat terbang, kereta api, kapal laut, dll. Sebelumnya kita harus mengantri di loket untuk mendapatkan tiket ke tempat tujuan, sekarang sistem transportasi sudah memperbaiki sistem penjualan tiket secara online untuk mempercepat, mempermudah pemesanan dan menghindari antrian yang panjang untuk pembeli. Dengan online kita bisa membuka website lalu mengikuti petunjuk untuk pemesanan tiket yang diinginkan, atau juga bisa melalui telepon yang disediakan.

Sebenrnya tanpa kita sadari, banyak sekali sistem informasi yang baru, yang kita rasakan perubahannya dalam kehidupan kita menjadi lebih baik. Tetapi, banyak juga sistem yang lama dan perlu diperbaiki, untuk menghadapi perkembangan zaman.

Semoga bermanfaat…

1 komentar:

 

Total Tayangan Halaman

Followers